• Goldstein Malling posted an update 1 month ago

    Dari beratus-ratus tahun ke belakang, semenjak dunia ini mengenal dunia medis penyakit kanker masih menjadi momok menakutkan sebab belum ditemukan obatnya. Tapi, akhir-akhir ini terdapat klaim bahwa penyakit kanker telah ditemukan obatnya yaitu sebuah akar dari pohon bajakah. belum banyak warung offline maupun online yang jual akar bajakah ini. tetapi kita akan memperhatikan fakta-fakta terbaru dari pohon ini.

    Seperti pohon kebanyakan, format
    kayu bajakah serta kayunya cukup besar. Akar bajakah mempunyai bentuk batang pohon tunggal dimana berwarna kecokelatan. Akar tersebut banyak ditemukan di dasar aliran pada tanah gambut. Bahkan akarnya dapat merambat sepanjang 5 meter.

    Spesies bajakah ini berasal dari Indonesia tepatnya di Kalimantan Tengah. Mereka banyak hidup di tengah hutan yang tak banyak terkena cahaya matahari, konon katanya untuk menemukan akar obat kanker ini kita mesti masuk ke tengah hutan yang jaraknya menempuh 2 jam perjalanan dari Kota Palangkaraya.

    Menurut penelitian, Eko Suhartono menjelaskan bahwa akar bajakah ini memiliki kandungan antioksidan yang sungguh-sungguh tinggi sehingga bisa melawan sel kanker pada tubuh. Kandungan yang berhasil di teliti oleh Kepala Lab Bio Kimia dan Molekuler Universitas Lambung Mangkurat terdapat tanin, steroid, saponin, fenolik, dan masih banyak lagi.

    Sebenarnya tanaman ini telah semenjak lama diterapkan secara turun-temurun oleh Suku dayak untuk mengobati penyakit kanker. Namun, memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai khasiat akar bajakah ini sehingga kurang diketahui oleh banyak orang. pun tanaman bajakah ini dianggap mistis oleh sebagian masyarakat disana.

    Tanaman bajakah ini baru diteliti pertama kali oleh siswa SMA 2 Palangkaraya. Mereka mencoba uji coba di laboratorium sekolah dengan memberi sel tumor dan kanker pada tikus putih. kemudian dikasih air campuran akar bajakah dan ternyata bahwa sel tumor dan kanker pada tikus dapat hilang.

    Seiring dengan semakin terkenalnya obat ini ada kekhawatiran akan banyak pohon bajakah yang ditebang. Sehingga untuk meminimalisir eksploitasi besar-besaran pada tanaman ini, maka variasi akar bajakah absah yang dapat menyembuhkan kanker sampai dikala ini masih dirahasiakan dan belum banyak dikenal oleh orang banyak.