• Bernard Timmermann posted an update 6 months ago

    Furniture adalah semua sesuatu yang diolah untuk menjadi barang yang berguna untuk keperluan rumah tangga. Salah satu varian furnitur adalah mebel Jepara. Mebel atau furnitur rumah tangga yang terbuat dari bahan kayu jati khas Jepara. Jepara sendiri terkenal sebagai salah satu kota pengrajin furnitur yang memiliki ciri khas ukirannya yang indah dan berkelas. Selain itu kalau Anda mendapatkan mebel dari Jepara yang autentik karenanya harganya akan lumayan mahal.

    Mengapa harga mebel dari Jepara bisa berharga mahal? Tentunya itu sebab beberapa alasan.
    cahayameubel.com antaranya adalah yang pertama karena usia kayu yang telah tua minimal 20 tahun dan disebut kayu jati tua. Kebanyakan pengrajin mebel dari Jepara yang sudah memiliki nama serta kualitas bagus pasti akan menerapkan kayu jati tua sebagai bahan bakunya. Kayu jati tua memang lebih mahal harganya melainkan lebih kuat dan awet ketimbang kayu jati muda.

    Untuk memilih mebel dengan kayu jati tua Anda bisa mengamati dari ciri khas yang dimiliki oleh kayu jati tua. Diantaranya yaitu mempunyai warna cokelat kemerahan serta memiliki serat kayu padat. Untuk bobotnya malah jauh lebih berat ketimbang kayu jati muda. Sehingga untuk membedakan mana ragam mebel yang terbuat dari kayu jati tua atau muda, Anda juga dapat memperkirakan berat dari mebel tersebut.

    Hindari membeli mebel Jepara yang terbuat dari kayu jati kering. Mebel kayu jati muda juga dapat terasa lebih berat bila masih dalam kondisi basah. Namun secara lahiriah, akan betul-betul menonjol mana ragam mebel yang terbuat dari kayu jati kering atau berair. Hindari membeli dan memilih mebel yang terbuat dari kayu jati basah sebab bersifat gampang susut, berubah wujud dan rapuh. Bahan baku kayu jati yang diaplikasikan haruslah kering optimal sehingga setelah dihasilkan dan diterapkan nantinya tak akan memuai atau menyusut kayunya.

    Ciri yang berikutnya dari mebel dari Jepara ialah yang mempunyai ukiran khas dan autentik dari Jepara. Ciri khasnya bukan saja berlokasi dari tingkat kerumitan ukiran, tetapi juga berlokasi pada kehalusan dan kerapian ukiran yang dimiliki. Pengrajin ukiran Jepara sendiri malah mempunyai keahlian yang berbeda. Anda bahkan dapat memperhatikan dengan jelas adanya perbedaan mencolok dari mebel Pasuruan dan mebel dari Jepara. Untuk mebel Pasuruan memiliki ukiran dan cara pembuatan yang lebih kasar daripada dari Jepara.

    Itulah beberapa hal utama dari ciri khas mebel absah dari Jepara yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan memilih mebel terbaik untuk isian rumah idaman Anda. Mebel dari Jepara mempunyai varian yang beraneka-variasi, seperti contohnya set meja makan, set bangku ruang tetamu, tempat tidur, almari baju dan lemari pajangan. Anda dapat menyesuaikan model mebel Jepara sesuai dengan tipe rumah yang Anda miliki.